Monday, April 13, 2009

Tips Memasak Sayur Agar Nutrisi Tak Hilang

Ditulis oleh admin di Monday, April 13, 2009

Mengolah sayur dengan cara yang salah akan membuat nutrisi yang dikandungnya hilang begitu saja sebelum sempat kita santap. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda coba, sehingga sayur yang kita masak tidak akan hilang gizinya. Semoga tips berikut bisa bermanfaat.

Panas dan air, keduanya dapat mengurangi kandungan vitamin dan gizi yang terdapat di dalam makanan. Jadi, sebaiknya masaklah makanan secepat mungkin dan dengan sedikit air. Cara memasak yang terbaik adalah dengan menggunakan microwave, ditumis, dan dikukus.

Jika merebus sayuran seperti tomat, agar kandungan vitamin di dalamnya tak banyak terbuang serta tomat lebih cepat matang, rebus air hingga mendidih baru masukkan tomat atau sayuran dengan api yang terus menyala agar cepat matang dan juga tidak memakan waktu lama yang bisa membuat vitamin "hilang".

Cuci sayuran dengan cepat di bawah keran dengan air yang mengalir. Atau celup celupkan ke dalam panci yang berisi air dan kemudian tiriskan. Jangan pernah merendamnya karena air dapat melarutkan vitamin.

Sedapat mungkin jangan mengupas atau membuang kulit buah-buahan. Vitamin banyak terdapat atau berkumpul tepat di bawah kulit, seperti kalsium, zat besi, dan potasium. Contohnya, jika memakan sebuah apel yang besar dengan kulitnya, akan mengandung 54 persen lebih banyak zat besi daripada jika imakan tanpa kulit.

Jangan memotong sayuran dan buah-buahan dengan ukuran terlalu kecil karena akan menjadi lebih mudah menyerap udara yang bisa menghilangkan beberapa jenis vitamin di dalamnya.


Sumber: Kompas.com

4 komentar:

umi rina said...

Wah, bunda tambah pintar aja nich masaknya... Makasih ya tipsnya *two thumbs up*

BrenciA KerenS said...

iya kata ibukku juga duluu kalo maem apel harus sama kulitnya..ga' boleh dikupas...

dan untung karena malesnya aku nyuci sayuran sampe lama2 dan merendam jadi menghemat pembuangan vitamin ya bun..

dan untungnya aku ga' suka motong sayuran kecil2... kayaknya terlalu ngirit aja.. makan sayur kok dikit.

Lala said...

Bagus banget tipsnya bun...:)
Langsung dipraktekin dech...

Yanuar Catur said...

wah bunda,,di kosan gk da kompor nih
bantu donk
hehehehe

 

Celoteh Bunda " semua ttg azka my little princess "