Friday, April 17, 2009

Azka Kena Biang Keringat atau apa ya?

Ditulis oleh admin di Friday, April 17, 2009
Sudah 2 hari ini, nduk azka badannya timbul bintik-bintik merah, katanya orang-orang sih kena keringat buntet. Azka keluar bintik-bintik merah tuh disekitar punggung, dadanya dan lengan tangannya. Bunda sih dah kasih azka bedak dingin sama bedak salicyl juga, tapi bintik-bintiknya masih belum hilang. Apa mungkin butuh beberapa hari ya sembuhnya.??

Oh ya.. ini ada informasi juga tentang biang keringat. Bunda simpen aja disini, buat referensi klo bintik-bintik di badan nduk azka gak hilang-hilang.

Kalau bicara biang keringat pada bayi, penyebab sebenarnya adalah tersumbatnya kelenjar keringat. Karena fungsi kelenjar keringat pada bayi belum sempurna seperti pada orang dewasa, makanya kita lebih sering menemukan biang keringat ini pada kulit bayi.

Cara Mencegah Timbulnya Biang Keringat
  1. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti katun
  2. Gunakan pakaian yang longgar, jangan yang terlalu ketat
  3. Perbaiki sirkulasi udara pada ruangan
  4. Mandikan bayi dengan teratur, 1 atau 2 kali setiap hari

Cara Mengobati Biang Keringat

Ada beberapa alternatif untuk mengobati biang keringat:
  1. Dengan VCO (Virgin Coconut Oil)
  2. Dengan Minyak Telon (pilih yang kandungan minyak kelapanya 60%, agar tidak terlalu panas)
  3. Bedak Salicyl (bisa dicampur dengan air, seperti bedak dingin)
  4. Bedak tabur

Sebagai tambahan, jika kondisi kulit bayi Anda bertambah parah, coba periksakan ke dokter, karena sangat mungkin gangguan kulit yang diderita oleh si kecil bukan biang keringat, tapi penyakit lain. Jika ini yang terjadi, tentu saja perawatannya berbeda.

Kira-kira ada yang bisa bantu gak ya buat ngilangin bintik-bintik di badannya azka?

9 komentar:

Keluargaku Surgaku said...

Dulu pas masih kecil, kalo udara/cuaca panas Nduk Jija sering juga kena keringet buntet, biasanya dikasih bedak.

boykesn said...

info yang bagus..tapi sayang anak saya dah besar jadi...lupa dech..
kayaknya ibunya pas nih mai-main kesini...

e-je said...

cepet sembuh ya dede azka..

hendra taxmania said...

akhir2 ini cuaca emang lagi panas bgt..

annin said...

mudah2an cepat sembuh ya azka....

annin said...

kalo aq dulu Annin pernah gt,namanya ditempat kami kerumut,trus aq kasih larutan penyegar cap kaki tiga dikasi sedotan,dan minumin air kelapa,trus selama badannya hangat jgn dimandikan dulu...

Bintang said...

heehehe..kok aku gak tau sih keringet buntet kayak gimana...seperti apa sih bentuknya bun???

hesblogs said...

Thanks infonya. Anak saya usia 1 tahun saat ini juga diseluruh badan dan mukanya terdapat bintik merah. saya kasih bedak dingin dan bedak tabur khusus untuk mengatasi biang keringat tapi belum hilang juga :( tapi dia ga rewel dan sepertinya tidak gatal karena dia tidak menggaruknya. kirakira itu biang keringat bukan ya? ..

Hakim said...

Nambahin, ya.. Bisa coba sabun giovan untuk menghilangkan biang keringat dan gangguan kulit lainnya.
http://sabun-giovan.blogspot.com/

 

Celoteh Bunda " semua ttg azka my little princess "