Wednesday, August 5, 2009

Wajah Baru Blog Azka

Ditulis oleh admin di Wednesday, August 05, 2009 7 komentar
Karena bosen sama blog azka yang lama, makanya bunda ganti nih templetenya. Mudah-mudahan yang berkunjung kesini tetep seneng ya dengan tampilan blog barunya nduk azka. Maklum.. templete yang lama dah berumur 1 thn nih, jadi pingin ganti suasana aja biar lebih fresh. Sepertinya warna pinky cocok deh.

Ni dia templete yang lama nduk azka yang warnanya ijo..

Sebelumnya bunda juga dulu pernah ganti templete blognya azka, bisa lihat disini ya. Berarti ini sudah ketiga kalinya ganti baju nih.

Monday, July 20, 2009

Main di Kids Play Matos

Ditulis oleh admin di Monday, July 20, 2009 0 komentar
Mumpung wiken.. pas banget bertepatan sama 1st birthday azka nih, akhirnya qta semua jalan-jalan ke matos. Mbah uti nraktir ultahnya nduk ke pizza hut. Yawda deh, mumpung gratisan nih asikkk....




Abis makan kenyang, bunda ajak azka Main di Kids Play Matos. Awalnya azka seneng banget tuh mainan. Dia mainan madi bola, naik ikan-ikanan, naik mobil-mobilan, main di kaca rias, main sama boneka, pokoknya semua permainan yang ada di kids play tuh dicobanya.


Sunday, July 19, 2009

1st Birthday Azka

Ditulis oleh admin di Sunday, July 19, 2009 0 komentar
Hari ini tepatnya tgl 19 juli 2009, genap sudah 1 tahunnya nduk azka. Bunda ma ayah selalu sayang dan mendoakan yang terbaik agar azka selalu dalam lindungan Allah SWT, azka selalu sehat, cerdas, soleha, patuh dan berbakti sama orang tua. Semua harapan dan doa yang terbaik semua buat azka. Gak bisa disebut satu-satu nih..

Semua kenangan di beberapa bulan yang lalu yang bunda tuliskan di blog ini, akan selalu mengingatkan azka bahwa bunda selalu sayang dan ingin yang terbaik buat azka, baik dari segi pertumbuhan maupun perkembangannya azka.

Saturday, July 11, 2009

Makan di IBC

Ditulis oleh admin di Saturday, July 11, 2009 6 komentar
Wah... tak terasa nih, sekarang sudah bulan juli. Nduk azka bentar lagi ulang tahun nih. Waktu terasa cepet banget berlalunya, kayaknya bunda azka masih merasa baru aja ngelahirin azka, masih ngerasain sakitnya di caesar, baru ngerasa ngelihat azka yang baru 4 hari dah bs smile. Inget jaman-jaman perjuangan ngelahirin azka. Eh.. sekarang nduk azka dah gee, dah mau 1 tahun. Tinggal nunggu hari aja nih.

Tingkah polah azka pun semakin beragam, semakin aktif dan gak mau diem. Bunda azka jadi ekstra hati-hati menjaga azka, mana pas umur 11 bulan nduk kena flu lagi, kasihan,,,

Ni ada fotonya azka terbaru, tadi sore bunda, azka, ayah, sama mbah uti pergi ke IBC (ikan bakar cianjur) buat makan ikan. Tempatnya nyaman banget tuh. Suasananya model kayak di rumah, ada kolam ikannya juga. Azka seneng baget tuh lihat ikan koki di kolam. Gak mau berlama-lama lagi (karna laper) akhirnya pesen gurame bakar, gurame pesmol, sama lele penyet, sama nasi liwet. Uenak banget deh..

Ni dia foto azka pas makan di IBC.. Lihat bundanya minum kelamud (kelapa muda) dia pingin. sampe-sampe dia ambil tuh sedotannya. Hihihi... tuh kan kelihatan juga giginya nduk sudah ada 3. Ada 2 diatas, dan 1 di bawah. Ekspesi wajahnya azka lucu banget tuh, nggemesin bgt.




Abis kenyang, langsung deh menuju ke mall. Mbah uti pingin beli kacang atom yang gede sama beli minuman prebiotik. Nduk azka juga dibelikan roti loh sama mbah uti....

Monday, June 29, 2009

Untuk Pertama Kalinya nih nduk azka pilek

Ditulis oleh admin di Monday, June 29, 2009 3 komentar

Hemm... nduk azka beberapa hari kemaren badannya lagi gak enak, mulai dari kecetit sampe terkena yang namanya pilek. Nduk azka ketularan bunda azka nih, soalnya bunda azka kmren kena flu. Bunda azka juga heran, kenapa koq tiba-tiba flu, padahal gak pernah minum es, makan juga gak pernah sembarangan. Apa mungkin karena cuaca ya yang lagi kurang bersahabat. Karena bundanya pilek, akhirnya si nduk juga kena deh... maklum nih, nduk azka kan masih asi.

Untuk pertama kalinya nih, nduk azka sakit pilek atau flu. Pas diusianya yang 11 bulan. Kasihan banget sih, dia sampe-sampe gak bisa tidur nyeyak. Tapi alhamdulillah sekrang nduk azka dah bisa ceria lagi. Sudah sembuh n sudah bisa travelling lagi. Semoga sehat selalu ya sayang...

11 bulannya azka

Ditulis oleh admin di Monday, June 29, 2009 1 komentar
Hemm,, tak terasa nih nduk azka sudah 11 bln. banyak sekali kejadian di 10-11 bulan ini. Mulai dari tumbuh gigi.. (sekarang giginya ada 2), belajar jalan (biasa dlm bahasa jawa, trantan), belum lagi yang nduk azka suka dengerin lagunya kuburan band yang lupa-lupa ingat. Sampe-sampe nduk azka klo denger lagu itu bawaanya selalu joget-joget sambil ketawa kegirangan. Nduk azka paling suka pas bagian awalnya aja, yang musik2 nya itu loh...

oh ya,, ni dia wajahnya nduk azka yang sudah 11 bulan. Tambah pinter aja nih nduk azka.

Sunday, June 7, 2009

Nduk azka nunjukin duren ke mbah uti

Ditulis oleh admin di Sunday, June 07, 2009 5 komentar
Hore... akhirnya setelah sekian lama ditinggal mbah uti ke banyuwangi sama ke bali, akhirnya mbah uti pulang juga ke malang. Hari minggu siang tadi azka, bunda, ayah, mbah uti ma pak de ucup ngemoll lagi nih. Belanja keperluan bulanan. Seperti biasa lah, klo azka diajak ngemoll pasti deh ekspresinya seneng banget. Ni dia beberapa fotonya nduk azka yang ngemoll bareng mbah uti.



Kalo yang ini, fotonya nduk azka yang tujuk-tunjuk duren tuh. kayaknya nduk azka pingin makan duren tuh. hihihi... :D

Nduk azka nyoba topi pingky

Ditulis oleh admin di Sunday, June 07, 2009 2 komentar
Kejadian minggu lalu nih... tp baru diposting sekarang. Hehe...

Hemm... Belakangan ini bunda tuh sering banget pergi ngemoll bareng azka klo pas wiken. Biar nduk azka gak boring di rumah. Maklum... mbah uti kan dah lama pergi ke banyuwangi, padahal kemaren mbah uti dah ke jogja ninggalin nduk azka. Hiks.. nduk azkanya gak diajak. Jadi ya bunda sekarang klo pergi ya jelas bawa nduk azka. Ni ada fotonya nduk azka yang lagi nyoba pake topi pingky. Sayang nih, bunda cuma bisa nebeng poto aja aliaz gak jadi beli. Padahal bunda suka banget tuh ma topinya, serasi ma switer rajutan yang dipake ma nduk azka. Abis gimana lagi, nduk azka paling gak mau klo dipakein topi. Ni dia potonya. Nduk azka agak kurang suka tuh. Buktinya aja dia mlengos tuh pas di foto. Biasanya kan dia ketawa-ketiwi klo diajak ngemoll.



Hemm... Nduk azka cantik juga ternyata dipakein topi rajutan.

Wednesday, May 27, 2009

Azka ngemoll

Ditulis oleh admin di Wednesday, May 27, 2009 4 komentar
Wah... rasanya dah lama nih blognya nduk azka gak update. Hemm... bunda azka lagi sibuk nih, jadi untuk sementara gak bisa blogging aliaz blogwalking dulu untuk sementara waktu, yang bisa cuma posting sama fesbukan aja. hihihi... soale skalian jagain nduk azka. Maklum.. nduk azka kan dah merangkak ruh and bentar lagi juga mo jalan, jadi harus super waspada jagainnya. Nduk azka juga sekarang tuh sukanya lagi berdiri merayap-rayap ditembok.

Oh ya.. td bunda ma nduk azka ngemoll nih. Belanja diapersnya nduk azka, sm beli keperluan rumah yang dah mulai abis. Nduk azka bunda taro di keranjang belajaan tuh sweneng... buanget.



Ini ada kejadian lucu niih, pas td maem pempek. Nduk azka njerit... Ni dia videonya. Sayang banget resolusinya kecil. Maklum... ambilnya pake hp. Jadi ya gtu.... seadanya deh...




Tuesday, May 12, 2009

Bunda Azka Menang Sayembara Buku Nih

Ditulis oleh admin di Tuesday, May 12, 2009 9 komentar


Akhirnya... sayembara bukunya mas catur yang diadakan bulan februari kemaren "Ikutan Sayembara Buku Gratis", akhirnya diumumkan juga. Bunda azka salah satu pemenangnya tuh. Buat para blogger yang sudah mau dukung dan komentar di postingan yang sayembara kemaren, bunda azka ucapin terima kasih banyak ya...


bunda aka pilih buku ttg 111 Tip & Trik Menguasai CorelDRAW Graphics Suite X4. Kalo seumpama yg corel gak ada bunda pilih yang Presentasi Kreatif Dengan PowerPoint 2007.

Wednesday, May 6, 2009

Rokok Tingkatkan Risiko Kanker Usus

Ditulis oleh admin di Wednesday, May 06, 2009 5 komentar
Bertambah satu lagi daftar jenis kanker yang bisa terjadi akibat merokok. Para peneliti dari Italia melaporkan bahwa risiko menderita kanker usus lebih tinggi bagi para perokok.

Kebiasaan merokok meningkatkan kanker colorectal sekitar 18% dan risiko kematian akibat penyakit berbahaya sekitar 25%. Hal ini terungkap dari hasil studi yang dipublikasikan Journal of the American Medical Association. Masyarakat harus lebih waspada bahwa merokok meningkatkan risiko kanker,

Kebiasaan merokok meningkatkan kanker colorectal sekitar 18% dan risiko kematian akibat penyakit berbahaya sekitar 25%. Hal ini terungkap dari hasil studi yang dipublikasikan Journal of the American Medical Association.

Masyarakat harus lebih waspada bahwa merokok meningkatkan risiko kanker, tidak hanya pada organ tubuh yang berkontak langsung dengan tembakau, seperti paru-paru, tenggorokan. Tapi juga pada organ yang juga terkena dampak dari keburukan tembakau secara tidak langsung seperti pankreas, ginjal, kandung kemih, leher rahim, usus dan dubur.

Hal ini dijelaskan oleh Edoardo Botteri, seorang ahli yang terlibat dalam penelitian ini dari Eropean Institute of Oncology di Milan, Italia.

Tembakau bertanggung jawab terhadap lebih dari 100 juta kematian selama beberapa abad terakhir, dan lebih dari lima juta kematian dalam satu tahun.

Meskipun demikian hasil studi ini menunjukkan bahwa hingga kini ada lebih dari satu miliar perokok di selurah dunia. Sebanyak 8% dari kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Penelitian tentang rokok sebagai penyebab kanker usus masih terus dilakukan oleh para ahli. Botteri melakukan riset dengan mengolah data dari 10 pengamatan dengan beragam uji coba.

Jadi apakah sekarang Anda sudah mulai mempertimbangkan untuk berhenti merokok?


Sumber: inilah.com

Dari Mana Asal Flu Babi?

Ditulis oleh admin di Wednesday, May 06, 2009 0 komentar
Flu babi kini menjadi hantu dunia. Di Meksiko, negara pertama ditemukannya epidemi virus ini, ratusan nyawa sudah melayang. Darimanakah flu babi berasal? Di tengah kekalutan, beragam spekulasi kini mulai muncul. Salah satunya, spekulasi yang menyebutkan virus flu babi sebenarnya berasal dari Asia, tepatnya China.

Salah satunya, spekulasi yang menyebutkan virus flu babi sebenarnya berasal dari Asia, tepatnya China. Setidaknya, begitulah laporan yang berkembang di berbagai media satu-dua hari ini. Bukan berdasarkan riset media, laporan itu semata-mata mengandalkan pernyataan Gubernur Veracruz, Meksiko, Fidel Herrera.

Tidak terlalu jelas, darimana Fidel Herrera menyimpulkan hal tersebut. Bisa jadi, salah satunya karena China akhir-akhir ini sering menjadi negara sumber munculnya wabah mematikan, termasuk SARS dan flu burung. Enam tahun lalu, China dikecam karena pada awalnya menutup-nutupi epidemik SARS yang bersumber dari wilayah selatan negara tersebut.

SARS, flu burung, seperti juga flu babi, kebetulan juga berpindah dari binatang ke tubuh manusia. Yang mengerikan, tentu jika perpindahan virus itu terjadi antarmanusia.

SARS merayap dari Guangdong, China, dan menyerang hingga ke-37 negara di dunia. Kasus SARS pertama kali terjadi di Shunde, Guangdong, pada November 2002. Penderitanya, seorang petani, dirawat di rumah sakit dan meninggal tak lama kemudian. Tak ada diganosa, tak ada pula laporan pemerintah China ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pemerintah China menutup pemberitaan media sebelum akhirnya SARS ‘menggilas’ dunia pada Februari 2003.

Kurang dari setahun, SARS menewaskan 775 orang dari 8.273 kasus. Hampir 90% korban meninggal terjadi di kawasan China (China, Taiwan, dan Hong Kong).

Hal yang sama terjadi pada kasus flu burung (H5N1). Virus pertama avian influenza ini pertama kali terdeteksi juga di Provinsi Guangdong, China, pada 1996. Tapi, perhatian dunia baru muncul saat virus itu merebak melalui pasar unggas di Hongkong yang menyebarkan virus H5N1 ke manusia pada Mei 1997, menewaskan enam dari 18 orang yang terinfeksi.

Hingga kini, flu burung menewaskan 257 orang dari 421 kasus (61%) yang terjadi. Korban paling banyak justru di Indonesia, 141 orang meninggal, disusul Vietnam 110 orang, Mesir (66), China (38), dan Thailand (25).

Meskipun bukan berdasarkan penelitian mendalam, ada juga alasan-alasan logis atas tudingan Gubernur Veracruz itu. Dua tahun lalu, para pejabat pertanian China dituduh menutup-nutupi berkembangnya wabah babi berkuping biru yang membunuh lebih dari 80 ribu babi. Saat virus itu menyerang, lebih dari 235 ekor babi terpaksa disembelih.

Lalu, benarkah virus flu babi berasal dari China? “Laporan yang menyebutkan epidemik flu babi di Meksiko berasal dari China tak berdasar sana sekali. Kami tak mendeteksi variasi virus flu babi yang menyerang di Amerika Utara itu,” ujar pernyataan Kementerian Pertanian China. Mereka menilai pernyataan itu sengaja untuk merusak citra China.

Menurut juru bicara Kementerian Kesehatan, Mao Qunan, laporan media tersebut mengabaikan fakta dan sains (kesehatan) dasar. Mereka menciptakan rumor bahwa epidemik itu berasal dari China.

“Mereka berniat menciptakan kekacauan, keributan, dan menghancurkan citra China. Kami tegas-tegas menantang ini,” katanya.

Mao menyatakan China siap bekerja sama dengan masyarkat internasional untuk mengatasi merebaknya virus flu babi (A/H1N1) yang begitu cepat menyebar ke negara lain. Ketakutan lebih dalam muncul jikalau virus babi jadi pandemik global.

Sejauh ini, belum ada kasus flu babi yang menyerang orang di China. Sejumlah pekahar di wilayah utara China yang semula diperiksa karena gejala tertentu, ternyata hanya terserang influenza B yang biasa terjadi pada manusia.

“Setelah epidemik flu babi merebak di AS, Meksiko, dan tempat lainnya, pemerintah China memandang betapa pentingnya inisiatif sistem pencegahan darurat. Untuk memerangi epidemik ini, negara kami akan bekerja sama erat dan melakukan upaya bersama WHO dan pemerintah negara yang terkena,” ujar Mao pula. Kabarnya, pemerintah China setuju menyumbang US$ 5 juta kepada Meksiko untuk membantu perjuangan melawan flu babi.

Sumber: inilah.com dan infobunda.com

Saturday, May 2, 2009

Waspadai 4 Penyakit Bagi Wanita

Ditulis oleh admin di Saturday, May 02, 2009 6 komentar
Perempuan memang unik dan rumit. Makanya perempuan butuh perawatan yang ekstra dibanding lelaki. Begitu pula dengan masalah kesehatan, peempuan lebih rentan dibanding dengan lelaki.

Berbeda dengan lelaki, perempuan mengalami lebih banyak perubahan drastis pada tubuhnya, misalnya untuk masalah hormonal, wanita mengalami beberapa kali perubahan mulai dari masa anak-anak, remaja, dewasa sampai lansia. Nah, berikut ini adalah berbagai penyakit yang harus diwaspadai oleh kaum perempuan, yaitu:


1. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker yang umum terjadi pada perempuan, meskipun ada pula yang terjadi pada lelaki. Kanker urutan kedua yang menyebabkan kematian pada perempuan ini bisa dideteksi sedini mungkin dengan pencegahan dan pemeriksaan mandiri setiap bulan.

2. Depresi

Depresi lebih banyak menyerang perempuan daripada lelaki meskipun dengan stressor yang sama lelaki memang cenderung lebih tahan menghadapi depresi. Berbagai perubahan hormon seperti pada saat kehamilan dan monopouse juga merupakan suatu faktor yang meningkatkan resiko depresi pada perempuan. Depresi juga mempunya gejala fisik.

3. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit penurunan kekuatan tulang karena tulang mengalami pengeroposan. Kondisi ini menjadikan tulang lebih mudah patah, artinya tulang bisa patah hanya dengan trauma ringan. Makanya tidak jarang ditemui penderita osteoporosis mengalami patah tulang karena kecelakaan ringan seperti terpeleset di kamar mandi, jatuh dari tempat tidur dan lain-lain. Dan satu lagi, perempuan Asia dan Kaukasian (bule) beresiko lebih tinggi terserang osteoporosis daripada perempuan kulit hitam.

4. Penyakit Autoimun

Autoimun merupakan sekelompok penyakit yang disebabkan sistem imun (kekebalan tubuh) salah sasaran dalam mengenali musuh. Sistem imun tubuh yang seharusnya menghancurkan benda asing, bakteri, atau virus malah menyerang anggota tubuh sendiri. Penyakit golongan ini meliputi lupus, multiple sclerosis, diabetes tipe 1, Rheumatoid Arthritis dan sebagainya.

Berdasarkan data dari American Autoimmune Related Diseases Association menunjukkan bahwa 75% penderita penyakit autoimun adalah perempuan dan kasusnya cenderung aneh-aneh.

Sumber: perempuan.com

Kurang Darah atau Darah Rendah

Ditulis oleh admin di Saturday, May 02, 2009 0 komentar
Banyak mungkin diantara anda yang salah kaprah dengan pengertian kurang darah dan darah rendah. Sesungguhnya istilah kurang darah itu sangatlah berbeda dengan darah rendah. Kurang darah adalah istilah awam untuk menyebutkan keadaan anemia yaitu kadar hemoglobin (hb) darah yang rendah atau kurang dari normal. Sedangkan darah rendah adalah kekuatan pompa jantung yang dibandingkan dengan tahanan yang ada di perifir atau pembuluh darah tepi.

Hemoglobin tersebut terdapat pada sel darah merah (eritrosit) yang berfungsi untuk membawa oksigen keseluruh organ tubuh. Oleh karena itu apabila seseorang kurang darah (anemia) maka akan mengeluh lemah (fatique) karena oksigen yang ke jaringan dan organ tubuh berkurang.

Secara sederhana mungkin bisa dibedakan kalau ‘tekanan darah rendah’ yaitu tekanan darah dalam pembuluh darah yang berkurang sedangkan ‘darah rendah’ yaitu zat dalam darah itu sendiri berkurang.

Penyebab paling umum anemia adalah kekurangan zat besi. Kebanyakan dari wanita tidak menyadari bahwa dirinya mengalami anemia sampai ia menjalani tes darah seperti pada waktu donor darah atau tes darah lengkap. Wanita lebih beresiko mengalami anemia daripada pria. Hal ini dikarenakan wanita setiap bulannya kehilangan darah pada saat menstruasi dan harus memproduksi banyak darah.

Namun, ada cara yang dipercaya cukup signifikan dalam mencegah anemia. Yaitu diet ketat zat besi. Salah satu makanan tinggi zat besi adalah daging dan sayuran hijau. Dan perlu anda ingat kalau tannin dalam teh dapat menghambat penyerapan zat besi diusus. Oleh karena itu, jangan meminum teh sehabis makan daging.

Vitamin C juga memiliki efek yang bagus untuk penyerapan zat besi. Satu porsi steak daging dengan segelas jus jeruk merupakan kombinasi yang bagus untuk mencegah anemia.

Sumber: perempuan.com

Vaksin Bukan Hanya untuk Bayi dan Anak

Ditulis oleh admin di Saturday, May 02, 2009 1 komentar
Selama ini kita tahu bahwa bayi dan anak perlu mendapat vaksin. Tetapi akhir-akhir ini ternyata bukan hanya bayi saja. Orang dewasa dan orang tua juga perlu mendapat vaksin untuk melindunginya terhadap beberapa penyakit.

Ternyata bukan hanya anak yang harus mendapat vaksin.

Ternyata orang dewasa juga rentan terhadap berbagai penyakit. Bahkan orang tua lebih rentan lagi. Bagi kita yang mempunyai anak, sudah merupakan hal biasa bahwa kalau ayah mendapat flu dari luar, pasti deh seluruh rumah tertular flu. Selain itu orang tua juga sering jajan di luar, yang sangat mungkin mengandung kuman penyakit. Walaupun mereka tidak sakit, tetapi kuman dapat terbawa ke rumah.

Belum lagi kalau kepala keluarga terserang sakit, pemasukan jadi terganggu, pengeluaran meningkat, karier terganggu, aktivitas keluarga terganggu.

Dengan demikian, vaksinasi sebenarnya disarankan untuk semua anggota keluarga, termasuk pengasuh bayi, tukang masak, pembantu rumah tangga, sopir antar jemput.
Jenis imunisasi untuk dewasa
  • Demam Tifoid, menular lewat makanan
  • Hepatitis A, menular melalui makanan
  • Hepatitis B, menular melalui luka yang terbuka dan darah
  • Tetanus, terutama kalau mengalami luka yang dalam.
  • Influenza, ditularkan melalui udara. Untuk semua orang, perlu diulang setiap tahun.
  • Pneumokokus, melalui udara. Terutama untuk orang tua lebih dari 65 tahun

Imunisasi bagi pelancong

Untuk orang dewasa dan anak yang bepergian ke luar negeri, atau yang sering bepergian ke negara tertentu juga perlu vaksin khusus.
  1. Vaksin kolera, bagi mereka yang sering bepergian ke negara-negara Asia, Afrika, Timur Tengah, Amerika Selatan, dan sebagian Oseania
  2. Yellow fever (demam kuning), bagi mereka yang sering bepergian ke Afrika Selatan, Amerika Selatan.
  3. Demam tifoid, bagi mereka yang sering bepergian ke Asia Selatan (India dan sekitarnya), Asia Tenggara, Afrika, Oseania, Amerika Tengah dan Selatan, Eropa Selatan, Papua New Guinea.
  4. Japanese encephalitis, perlu buat mereka yang bepergian ke Bangladesh, Kamboja, Cina, Korea, Laos, Malysia, Nepal, Filipina, Rusia, Singapura, Srilanka, Thailand, Taiwan, Vietnam.
  5. Rabies, bagi mereka yang ke Asia, Afrika, Amerika Tengah dan Selatan.
  6. Meningokokus, bagi mereka yang hendak ke Saudi Arabia, Sudan, Gambia, Sahara, Brazil, India Utara, Mongolia, Nepal.
Jadi, tidak ada alasan bagi orang dewasa untuk tidak menjalani imunisasi, bukan? Sudah saatnya melakukan investasi kesehatan jangka panjang.


Sumber: anakku.net

Thursday, April 30, 2009

AZka Klo Makan Cepet

Ditulis oleh admin di Thursday, April 30, 2009 5 komentar

Mempunyai anak yang sehat seperti azka, tentu dambaan setiap orang tua, tak terkecuali bunda azka. Selain sehat, pintar, lucu, dan aktif. Azka juga sangat pinter loh klo disuapin.

Pagi tadi bunda suapin azka. Dengan lahapnya si nduk azka makan, sampe-sampe dalam waktu 5 menit, makanan di mangkuk kecilnya nduk azka dah ludes aliaz habis.

Sekarang nduk azka lagi mainan sama buaya dr huggies dan juga mainan-mainan lainnya. Tak lupa pula, dia main sambil teriak-teriak sambil ngoceh-ngoceh dada..dadada... (mungkin dia cerita kali ya klo dia tuh lagi mainan.. ) dan tentunya tak lupa dia ngelemparin mainannya. Pokoknya kalo ngeliat azka tuh gak ada bosennya. guemeeessss

Wednesday, April 29, 2009

Flu Babi Ih.. Ngeri

Ditulis oleh admin di Wednesday, April 29, 2009 3 komentar
Waduh... beberapa hari ini nonton berita isinya tentang flu babi semua. Sampe-sampe ngeri juga klo flu babi ini masuk ke indonesia. Karena berita flu babi begitu hangat, maka bunda azka coba memposting tentang flu babi di blog yang satunya. Bagi yang ingin tau info lanjut tentang flu babi bisa dibaca disini.

Karena begitu berbahayanya flu babi, maka kita harus selalu membiasakan hidup sehat. Jika memang disekitar kita ada peternakan babi, usahakan kita jangan mendekati kandangnya dan tutuplah mulut kita dengan masker. oke deh.. dah dulu ya.. silahkan emmbaca info lanjut tentang flu babi di blog yang azk4.com

Makanan Sehat Untuk Bayi

Ditulis oleh admin di Wednesday, April 29, 2009 1 komentar
Orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat dan pintar. Sehat disini merupakan bagaimana pola makanan yang diberikan ke anak. Makanan yang sehat bagi anak, akan menjadikan dia sehat dan tentunya pintar. Makanan sehat tersebut merupakan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Berikut ini adalah makanan sehat yang termasuk ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna.

Karbohidrat
Sumber karbohidrat untuk bayi berusia 6 bulan dapat diperoleh dari tepung beras, tepung maizena, biskuit. Kemudian berangsur-angsur diganti dengan kentang, ubi merah, jagung, makaroni, roti, oat meal, dan nasi (bubur atau tim).

Protein dan lemak
Untuk usia bayi 6-8 bulan, sumber protein dan lemak dapat diperoleh dari susu, yoghurt, kuning telur, keju, kacang merah, kacang hijau, tempe, tahu, daging cincang, dan hati. Sedangkan untuk usia 9 bulan, dapat diberikan ikan.

Vitamin dan mineral

Sumber vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah pisang, jeruk, pepaya, pear, apel, melon, semangka, mangga, dan alpukat. Sedangkan untuk sayur dapat diperoleh dari kacang polong, wortel, brokoli, bayam, kangkung, buncis, kembang kol, dan sawi hijau.

10 Kiat Mengembangkan Otak Anak

Ditulis oleh admin di Wednesday, April 29, 2009 0 komentar
Dijelaskan oleh Dr Eddy Supriyadi SpA, dari RS Sardjito Yogyakarta, ada dua komponen dasar dalam perkembangan otak anak, yaitu lingkungan yang aman dan pengalaman positif.

Saat seorang bayi merasa tertekan, otak akan merespon dengan menghasilkan zat kortisol. Kadar kortisol yang tinggi akan memperlambat perkembangan otak. Lingkungan aman dan nyaman diperlukan bayi untuk membantu perkembangan otaknya. Beri respon saat bayi menangis maupun mengoceh.

Pengalaman yang diterima setiap hari juga akan membantu perkembangan otak anak. Aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengajak anak ke pasar atau ke toko buku, menurut dokter anak lulusan UGM ini, sangat penting untuk pembentukan jaringan perkembangan sel otak.

Dr Eddy memberikan 10 tips bagi orangtua untuk membangun dasar perkembangan otak anak:
  1. Beri perawatan dan kasih sayang yang adekuat selama masa kehamilan.
  2. Beri nutrisi yang cukup. Enam bulan pertama kehidupan bayi, berikan kecukupan nutrisi dengan ASI.
  3. Berikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak.
  4. Berbicaralah kepada bayi. Buat kontak mata saat berbicara dengan anak. Jangan lupa selalu tersenyum kepada anak.
  5. Bila harus menitipkan anak, carilah tempat penitipan yang bermutu tinggi.
  6. Kenalkan aneka ragam musik pada anak, dan bernyanyilah bersama.
  7. Beri interaksi yang nyata dengan anak demi perkembangan otaknya. Jangan biarkan anak menonton televisi terlalu lama. Batasi waktunya.
  8. Beri ruang bagi anak untuk dapat berinteraksi dengan teman sebaya.
  9. Redakan stres pada orangtua. Orangtua yang mengalami stres cenderung mengalihkan stres kepada anaknya. Bila Anda merasa stres, cobalah bercerita kepada orang yang dekat dengan Anda.
  10. Ingat, otak tidak akan pernah berhenti berkembang. Jadi, beri stimulasi sebanyak-banyaknya secara terus-menerus.

Sumber:dechacare.com

Tuesday, April 28, 2009

Azka daH Imunisasi Campak Nih

Ditulis oleh admin di Tuesday, April 28, 2009 1 komentar
Hari senin kemaren, si nduk azka imunisasi campak. Imunisasi terakhirnya yang wajib diperoleh bayi sebelum usia setahun. Sebenernya sih bunda mo imunisasikan azka hari jumat kemaren, tp gak jadi berhubung ada sesuatu hal. Belum lagi yang kemaren nduk azka juga sempet kena keringet buntet, jadi ya terpaksa deh imun nya di undur. Takut nanti kelupaan, jadi ya hari senin deh imunisasi campaknya.

Ada kejadian lucu nih. Azka sama sekali gak nangis loh pas di imunisasi. Bunda sama ayah sampe heran lihat nduk azka gak nangis. hehe..... sayang nih, kemaren bunda gak ambil potonya azka.

Saturday, April 25, 2009

Ekspresi Wajah Azka Klo Makan

Ditulis oleh admin di Saturday, April 25, 2009 5 komentar

Tadi siang nduk azka bunda suapin ma bubur timnya. Bunda bikinin azka bubur tim campuran antara bayam, wortel, tahu, sama ikan gurame. Tuh.. keliatan warna buburnya hijau. Lahap juga nduk azka makannya. Jadi seneng deh. Di atas adalah beberapa ekspresi wajahnya nduk azka yang lagi maem.

Nduk azka sekarang tuh paling suka gaya mulutnya di manyunin. Sambil mrecing-mrecing. Lucu baget klo lihat. Sampe kadang makan pun gtu juga gayanya.

Friday, April 24, 2009

On Fesbuk ato Demam Fesbuk Ya

Ditulis oleh admin di Friday, April 24, 2009 0 komentar

Beberapa hari ini.. ya.. tepatnya dah 3 hari ini koq bunda azka lagi sering ya nongkrong di fesbuk (baca Facebook) Hehe..

Padahal dah daftar di fesbuk tuh dah lama, semenjak chat di info bunda mengalami ke-eroran. Jadi ya para bunda-bundanya lari deh ke fesbuk, termasuk bunda azka.

Ternyata.. nongkrong di fesbuk banyak nemu temen-temen lama jaman sekolah sama nemu para jokam yang beda wilayah, dan tentunya ketemu ma temen-temen blogger juga.

Bagi yang belum gabung jadi temannya bunda azka, bisa langsung ya gabung disini

Tuesday, April 21, 2009

Azka Menuju 10 Bulan Nih

Ditulis oleh admin di Tuesday, April 21, 2009 2 komentar

Kemarin azka baru saja berumur 9 bulan. Tp di usianya yang 9 bln ini azka belum imunisasi campak. Mklum.. kemarin azka habis kena keringet buntet, belum lagi badan azka juga badannya agak anget. Jadi ya belum boleh deh di imunisasi. Mungkin bunda tunggu sampe hari kamis-jumat aja deh. Sampe betul-betul kondisinya azka sehat betul.

Menuju ke usianya yang 10 bulan ini, bunda ada informasi tentang baby di usia 10 bulan. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahu oleh orang tua.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh bayi usia 10 bulan dan apa saja yang penting untuk Anda ketahui? Coba simak artikel berikut…

Mobilitas Tinggi

Yap. Bayi seusia ini biasanya sudah sangat aktif bergerak ke sana kemari. Makanya Anda harus ekstra hati-hati serta harus jaga stamina. Maklum… lumayan capek juga kan kalau harus mengikuti mobilitas bayi Anda

Dia normalnya sudah bisa merangkak dengan cepat, serta bisa duduk dengan mudah dari posisi apapun.

Berkeliling

Kemungkinan besar dia pun sangat senang berjalan dengan berpegangan entah pada sisi meja, kursi, ataupun perabot lainnya yang tidak terlalu tinggi. Sebagian bayi lain mungkin baru bisa mengangkat tubuhnya dari posisi duduk ke posisi berdiri, dengan cara berpegangan ke sisi meja atau kursi.

Terkadang ia akan bereksperimen dengan menggunakan satu tangannya untuk mengambil mainan yang ada di lantai, atau bahkan ia akan berani melepaskan kedua pegangannya untuk berdiri.

Baby Walker

Penggunaan baby walker sampai saat ini masih kontroversial. Kebanyakan ahli tidak mendukung penggunaannya, karena justru membuat bayi Anda lamban bisa berjalan. Lebih baik Anda memberi semangat kepada si kecil untuk berjalan dengan mendorong-dorong kursi plastik kecil atau yang sejenisnya.

Bagaimana Jika Bayi Anda Belum Bisa Merangkak

Jangan langsung panik.


Banyak juga lho bayi yang perkembangan motoriknya tidak terlalu cepat, tapi sebenarnya ia banyak menyerap informasi. Bayi seperti ini lebih senang menjadi pengamat.

Ada juga bayi pada usia 10 bulan yang berpindah tempat dengan cara ngesot, atau menyeret pantatnya, atau merayap di atas perutnya.

Yang perlu Anda ingat adalah, Anda jangan terlalu memaksakan bayi Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak menarik baginya. Lebih baik Anda mendukung apa yang menjadi kesukaannya. Jika memang perkembangan motoriknya ternyata sangat lamban, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda.

Permainan Mendidik

Salah satu permainan yang baik untuk bayi berumur 10 bulan adalah ciluk-ba. Cobalah Anda mengajaknya bermain ciluk-ba dengan berbagai variasi. Permainan sederhana ini selain mengasyikkan, juga bermanfaat bagi perkembangan kognitif si kecil, serta sangat baik untuk mempererat hubungan Anda dengannya.

Sumber: tipsbayi.com

Sunday, April 19, 2009

Azka Pake Kerudung

Ditulis oleh admin di Sunday, April 19, 2009 8 komentar
Kemarin bunda iseng-iseng kerudungin nduk azka. Walaupun si nduk geleng-geleng kepala aliaz umek terus gak mau di kerudungin. Akhirnya bisa juga tuh slayer mbah uti mendearat di kepalanya Nduk azka. Ni dia Hasilnya...

Ternyata nduk azka cantik loh klo dikerudungin... Nanti deh bunda belikan kerudung, jadi klo diajak ngaji bisa pke kerudung nih.

Oh ya.. azka juga hari ini, tepat 9 bulan loh...

Friday, April 17, 2009

Azka Kena Biang Keringat atau apa ya?

Ditulis oleh admin di Friday, April 17, 2009 9 komentar
Sudah 2 hari ini, nduk azka badannya timbul bintik-bintik merah, katanya orang-orang sih kena keringat buntet. Azka keluar bintik-bintik merah tuh disekitar punggung, dadanya dan lengan tangannya. Bunda sih dah kasih azka bedak dingin sama bedak salicyl juga, tapi bintik-bintiknya masih belum hilang. Apa mungkin butuh beberapa hari ya sembuhnya.??

Oh ya.. ini ada informasi juga tentang biang keringat. Bunda simpen aja disini, buat referensi klo bintik-bintik di badan nduk azka gak hilang-hilang.

Kalau bicara biang keringat pada bayi, penyebab sebenarnya adalah tersumbatnya kelenjar keringat. Karena fungsi kelenjar keringat pada bayi belum sempurna seperti pada orang dewasa, makanya kita lebih sering menemukan biang keringat ini pada kulit bayi.

Cara Mencegah Timbulnya Biang Keringat
  1. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti katun
  2. Gunakan pakaian yang longgar, jangan yang terlalu ketat
  3. Perbaiki sirkulasi udara pada ruangan
  4. Mandikan bayi dengan teratur, 1 atau 2 kali setiap hari

Cara Mengobati Biang Keringat

Ada beberapa alternatif untuk mengobati biang keringat:
  1. Dengan VCO (Virgin Coconut Oil)
  2. Dengan Minyak Telon (pilih yang kandungan minyak kelapanya 60%, agar tidak terlalu panas)
  3. Bedak Salicyl (bisa dicampur dengan air, seperti bedak dingin)
  4. Bedak tabur

Sebagai tambahan, jika kondisi kulit bayi Anda bertambah parah, coba periksakan ke dokter, karena sangat mungkin gangguan kulit yang diderita oleh si kecil bukan biang keringat, tapi penyakit lain. Jika ini yang terjadi, tentu saja perawatannya berbeda.

Kira-kira ada yang bisa bantu gak ya buat ngilangin bintik-bintik di badannya azka?

Wednesday, April 15, 2009

Mbah Uti dah Dateng nih dari Jogja

Ditulis oleh admin di Wednesday, April 15, 2009 4 komentar
Setelah Kemarin mbah uti pergi ke jogja, akhirnya mbah utinya azka pulang juga ke malang. Seneng... deh mbah dateng lagi.


Mbah uti juga bawa oleh-oleh lho...mbah bawa bakpia rasa keju sama bakpia rasa kacang hijau, bawa baju batik, salak pondoh dan tak lupa juga bawa gudeg khas jogja itu. Uenak tenan...gudegnya bikin ketagihan. Sayang nih.. si nduk azka belum bisa makan gudegnya.


Monday, April 13, 2009

Tips Memasak Sayur Agar Nutrisi Tak Hilang

Ditulis oleh admin di Monday, April 13, 2009 4 komentar

Mengolah sayur dengan cara yang salah akan membuat nutrisi yang dikandungnya hilang begitu saja sebelum sempat kita santap. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda coba, sehingga sayur yang kita masak tidak akan hilang gizinya. Semoga tips berikut bisa bermanfaat.

Panas dan air, keduanya dapat mengurangi kandungan vitamin dan gizi yang terdapat di dalam makanan. Jadi, sebaiknya masaklah makanan secepat mungkin dan dengan sedikit air. Cara memasak yang terbaik adalah dengan menggunakan microwave, ditumis, dan dikukus.

Jika merebus sayuran seperti tomat, agar kandungan vitamin di dalamnya tak banyak terbuang serta tomat lebih cepat matang, rebus air hingga mendidih baru masukkan tomat atau sayuran dengan api yang terus menyala agar cepat matang dan juga tidak memakan waktu lama yang bisa membuat vitamin "hilang".

Cuci sayuran dengan cepat di bawah keran dengan air yang mengalir. Atau celup celupkan ke dalam panci yang berisi air dan kemudian tiriskan. Jangan pernah merendamnya karena air dapat melarutkan vitamin.

Sedapat mungkin jangan mengupas atau membuang kulit buah-buahan. Vitamin banyak terdapat atau berkumpul tepat di bawah kulit, seperti kalsium, zat besi, dan potasium. Contohnya, jika memakan sebuah apel yang besar dengan kulitnya, akan mengandung 54 persen lebih banyak zat besi daripada jika imakan tanpa kulit.

Jangan memotong sayuran dan buah-buahan dengan ukuran terlalu kecil karena akan menjadi lebih mudah menyerap udara yang bisa menghilangkan beberapa jenis vitamin di dalamnya.


Sumber: Kompas.com

Sunday, April 12, 2009

10 Hal Tabu dalam Mendidik Anak

Ditulis oleh admin di Sunday, April 12, 2009 1 komentar
Apa yang akan terjadi jika anak dibesarkan dalam kondisi yang dipenuhi dengan kekerasan? Tentu, ia akan mengadopsi cara-cara yang sering ia lihat ke dalam kehidupannya kelak. Meski tak selalu, lingkungan memang sangat berpengaruh terhadap kehidupan anak selanjutnya, termasuk bagaimana orang tua mendidik mereka.

Anak yang dibesarkan dalam situasi keluarga yang nyaman tentu berbeda dengan anak yang selalu diberi hukuman fisik oleh orang tuanya. Sayangnya, tak sedikit orang tua yang tidak tahu bagaimana cara memberikan lingkungan yang baik bagi pertumbuhan optimal anak. Akibatnya, anak pun tumbuh tidak sebagaimana yang diharapkan.


Nah, berikut ini adalah 10 hal yang harus dihindari dalam mendidik anak:
  1. Terlalu lemah Misalnya, selalu memenuhi semua permintaan anak. Anak tidak diajar untuk mengenal hak dan kewajiban. Akibatnya, anak menjadi terlalu penuntut, impulsif (gampang melakukan tindakan tanpa perhitungan), egois, dan tidak memperhatikan kepentingan orang lain.
  2. Terlalu menekan Misalnya, orang tua terlalu mengatur dan mengarahkan anak, tanpa memperhatikan hak anak untuk menentukan keinginannya sendiri, atau untuk mengembangkan minat dan kegiatan yang ia inginkan. Akibatnya, anak akan menjadi lamban, selalu bekerja sesuai perintah, tidak memiliki pendirian, dan suka melawan.
  3. Perfeksionis, Orang tua menuntut anak untuk menunjukkan kematangan sikap atau target tertentu yang umumnya melebihi kemampuan yang wajarnya dimiliki anak. Akibatnya, anak akan terobsesi untuk meraih prestasi yang diharapkan orang tuanya. Ia juga akan menjadi terlalu keras dan kritis terhadap dirinya sendiri.
  4. Tidak memberi perhatian, Orang tua hanya menyediakan sedikit waktu untuk memperhatikan setiap perkembangan anak, atau membantu anak menempuh tahap demi tahap perkembangannya. Akibatnya, anak tak mampu membina hubungan dengan lingkungannya dan akan tumbuh menjadi anak yang impulsif.
  5. Terlalu cemas akan kesehatannya, Orang tua terlalu berlebihan mencemaskan kondisi fisik anak. Padahal, secara obyektif, anak sehat. Sakit sedikit saja, orang tua cemasnya minta ampun. Akibatnya, anak akan mudah merasa tak sehat dan ikut merasakan kecemasan yang sama. Enggan bermain, takut jatuh, dan sebagainya.
  6. Terlalu memanjakan Misalnya, terus-menerus menghujani anak dengan barang-barang mahal atau memberikan pelayanan istimewa, tanpa mempertimbangkan apa yang sesungguhnya dibutuhkan anak. Akibatnya, anak bisa menjadi anak yang gampang bosan, kurang inisiatif, dan tak memiliki daya juang.
  7. Tidak pernah memberi kepercayaan, Orang tua selalu meramalkan kesalahan yang belum tentu dilakukan anak. Orang tua juga selalu mengritik anak, bahkan untuk hal-hal yang seharusnya tak perlu kritikan. "Kamu, sih, nanti kalau jatuh, bagaimana?" Akibatnya, anak akan menjadi seorang yang pesimis, rendah diri, dan cenderung mengembangkan hal-hal yang selalu dilarang orang tua.
  8. Menolak kehadiran anak Misalnya, jenis kelamin anak tak sesuai dengan harapan orang tua, sehingga orang tua cenderung menolak menjadikan anak sebagai bagian dari keluarga. Akibatnya, semua tindakan yang dilakukan orang tua selalu merugikan anak. Anak bisa rendah diri dan menunjukkan sikap bermusuhan terhadap orang tua.
  9. Suka menghukum Orang tua bersikap agresif terhadap kesalahan-kesalahan yang dilakukan anak, dan cenderung memilih memberikan hukuman fisik dengan alasan mengajarkan disiplin. Bisa-bisa anak akan menganggap kekerasan sebagai sesuatu yang wajar dilakukan dan akan melakukan hal yang sama terhadap keluarganya kelak.
  10. Suka menggoda Orang tua cenderung melecehkan keberadaan anak dengan sering mengolok-olok dan mengungkapkan kekurangan anak di depan orang banyak. Akibatnya, anak akan merasa tidak dihargai dan rendah diri.

10 HAL YANG DIINGINKAN ANAK


Sebagai orang tua, kebanyakan dari kita lebih memperhatikan perilaku anak, dan bukannya perilaku kita sebagai orang tua. Tentu ini sesuatu yang tak adil bagi anak. Cobalah lihat diri Anda dari sudut pandang anak.

Penelitian terhadap seratus ribu anak menunjukkan, ada 10 hal yang paling diinginkan anak dari orang tua mereka:
  1. Tidak bertengkar di hadapan mereka. Anak selalu mencontoh tindakan orang tua. Apa jadinya jika setiap hari orang tua adu mulut di hadapan mereka?
  2. Berlaku adil terhadap semua anak-anaknya. Setiap anak memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Yang mereka butuhkan bukan perlakuan yang sama, melainkan perlakuan yang adil, sesuai kebutuhan masing-masing anak.
  3. Orang tua yang jujur. Orang tua yang meminta anaknya berbohong, tentu tidak sadar pada apa yang tengah dilakukannya. Sekali lagi, anak mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya.
  4. Toleran terhadap orang lain. Toleransi akan mengajarkan anak untuk menghargai perbedaan.
  5. Selalu menyambut teman-teman mereka dengan ramah.
  6. Mau membangun semangat tim bersama mereka. Kekompakan antar-orang tua dan anak akan sangat berpengaruh saat anak beranjak dewasa.
  7. Mau menjawab setiap pertanyaan mereka. Luangkan waktu untuk mereka. Jika Anda tak mampu menjawab, katakan Anda akan mencari tahu lebih dulu.
  8. Mau mengajarkan disiplin, namun tidak di depan orang lain, terutama teman-teman mereka. Intinya, jagalah perasaan anak.
  9. Lebih melihat sisi positif ketimbang sisi buruk mereka.
  10. Konsisten. Bayangkan, apa yang dirasakan anak jika hari ini Anda menjawab A dan besok menjawab B untuk pertanyaan yang sama yang diajukan anak.

    Sumber: balita-anda.indoglobal.com

Friday, April 10, 2009

Azka Jemur

Ditulis oleh admin di Friday, April 10, 2009 1 komentar
Wew.. nduk azka koq manyun?? Kenapa ya??


Itu foto nduk azka, diambil sebelum mbah uti pergi ke jogja. Pagi-pagi nduk azka dah cantik, dah makan juga dan sudah siap-siap mo ke griya shanta. Abis mbah uti dah 3 hari di griya shanta tempat mbah de, dan tepatnya kemaren nduk azka nganterin mbah pergi.

Berhubung masih pagi.. ya udah deh sampe griya shanta nduk azka jemur pagi dulu biar sehat.


Thursday, April 9, 2009

Mbah Uti Ke Jogja Nih

Ditulis oleh admin di Thursday, April 09, 2009 1 komentar
Hari ini (9 april 2009), tepatnya saat para penduduk indonesia menentukan pilihannya untuk memilih wakil rakyat, atau tepatnya pemilu, mbah utinya azka pergi ke jogja deh. Waduuh.. nduk azka di tinggal nih. Mbah uti pergi ke jogja sama bude nya bunda aliaz mbah de nya nduk azka. Mbah uti tadi pagi berangkat jam 9 pagi ke jogja naik travel.

Sebelum pergi, nduk azka poto-poto dulu nih sama mbah de. Ni dia hasilnya..


Klo yang dibawah ini, azka sama mbah uti


Wednesday, April 8, 2009

Lontong Sayur

Ditulis oleh admin di Wednesday, April 08, 2009 5 komentar

Sudah 2 hari ini, ayah andy klo pagi-pagi lagi suka makan yang namanya lontong sayur. Biasanya ayah beli lontong sayur itu di depan pasar dinoyo. Lontong sayur yang dibeli yaitu lontong sayur padang.

Selain rasanya yang pedes, lontong sayur yang berisi sayur nangka muda dan sayur manisa. Ada telor nya juga dan kerupuk pastinya. Lontong sayur itu biasa ditemui klo waktu lebaran. Soalnya lebaran tuh bunda azka bikin ketupat. Klo selain lebaran ya bunda gak pernah buat.

Tuesday, April 7, 2009

Azka Lagi Suka Jerit-Jerit

Ditulis oleh admin di Tuesday, April 07, 2009 1 komentar






Waduh... hari ini si nduk azka lagi seneng teriak-teriak aliaz jerit-jerit. Suaranya buanter... Klo jerit-jerit bilang hey...hey...hey...

Belum lagi tangannya yang geremet-geremet, kayak orang lagi gemes. Nduk azka juga suka banget tuh ngambilin barang-barang sekitar.






Makin lama si nduk azka nih makin pinter, makin cantik, makin ngemesin..
pokoknya semua-semua yang baik buat azka deh.

Sunday, April 5, 2009

5 Jenis Imunisasi Yang Wajib Diperoleh Bayi Sebelum Usia Setahun

Ditulis oleh admin di Sunday, April 05, 2009 1 komentar
Setelah kemarin menulis seputar imunisasi, kali ini bunda azka ingin memberikan informasi tentang 5 Jenis Imunisasi Yang Wajib Diperoleh Bayi Sebelum Usia Setahun. Gunanya supaya para bunda bisa megetahui apa saja imunisasi yang wajib diberikan pada bayi sebelum usia dia mencapai 1 tahun.


5 jenis imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah, dalam hal ini masih mendapat subsidi dari pemerintah sehingga biayanya relatif lebih murah

Imunisasi BCG, Ketahanan terhadap penyakit TB (Tuberkulosis) berkaitan dengan keberadaan virus tubercle bacii yang hidup didalam darah. Itulah mengapa agar memiliki kekebalan aktif, dimasukkan jenis basil tak berbahaya ini ke dalam tubuh, alias vaksinasi BCG (Bacillus Celmette-Guerin)

Imunisasi Hepatitis B, Imunisasi ini merupakan langkah efektif untuk mencegah masuknya VHB, yaitu virus penyebab penyakit hepatitis B. Hepatitis B dapat menyebabkan sirosis atau pengerutan hati, bahkan lebih buruk lagi mengakibatkan kanker hati.

Imunisasi Polio, Imunisasi polio akan memberikan kekebalan terhadap serangan virus polio. Penyakit akibat virus ini dapat menyebabkan kelumpuhan.

Imunisasi DTP, Dengan pemberian imunisasi DTP, diharapkan penyakit difteri, tetanus, dan pentusis, menyingkir jauh dari tubuh si kecil.

Imunisasi Campak, Sebenarnya bayi sudah mendapatkan kekebalan campak dari ibunya. Namun seiring bertambahnya usia, antibodi dari ibunya semakin menurun sehingga butuh antibodi tambahan lewat pemberian vaksin campak. Penyakit ini disebabkan oleh virus Morbili.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat ya...

Azka Menuju 9 Bulan

Ditulis oleh admin di Sunday, April 05, 2009 3 komentar






Gak terasa nih, si nduk azka mau 9 bulan. Buanyak sekali yang sudah dilakukan azka selama beberapa bulan yang lalu. Sekarang azka lebih suka mainan, trus suka goyang-goyangin badannya klo denger musik. Trus kebiasaannya sekarang tuh suka klo pegang sesuatu tuh dimasukin ke mulut, fotonya bs dilihat disini dan disini.








Azka juga sekarang sukanya ngambil barang yang ada di deketnya. Gesit banget klo ngambil barang. Kadang klo bunda pegang sesuatu, diambil deh ma nduk. Oh ya.. Bentar lagi juga azka mo imunisasi campak.

Saturday, April 4, 2009

Seputar Imunisasi

Ditulis oleh admin di Saturday, April 04, 2009 2 komentar
IMUNISASI saat ini sudah menjadi hal yang wajib untuk diberikan kepada bayi Anda, apalagi pemerintah juga sangat mendukung dengan mencanangkan program pemberian imunisasi dasar lengkap secara gratis. Oleh karena itu agar kita semakin paham dan mengerti pentingnya imunisasi, silahkan simak artikel berikut ini ...

Mengapa anak perlu imunisasi?


Karena usia anak-anak merupakan usia paling rentan terhadap berbagai virus dan penyakit. Maka dari itu, sejak dini anak perlu mendapatkan kekebalan tubuh melalui pemberian vaksin atau imunisasi untuk menghindari si kecil dari penyakit yang mungkin dapat mengakibatkan cacat bahkan kematian.

Bagaimana proses kekebalan itu sendiri terjadi?

Pada dasarnya kekebalan pada seseorang terbentuk dalam dua cara, yaitu kekebalan pasif dan kekebalan aktif. Pada kekebalan pasif, tubuh tidak membentuk sendiri kekebalan tubuhnya. Sedangkan pada kekebalan aktif, tubuh ikut berperan dalam membentuk kekebalan. Keduanya itu sendiri dapat berlangsung secara alami melalui dua cara, yaitu bawaan ataupun didapat dari luar.

Lalu, kekebalan seperti apa yang dimiliki bayi di bulan-bulan pertamanya?

Biasanya bayi usia 0 - 4 bulan, memiliki kekebalan pasif bawaan yang didapat pada zat antibodi yang diperoleh dari ibunya melalui plasenta. Karenanya, sampai usia 5 bulan, tubuh si kecil sanggup menahan serangan berbagai penyakit tertentu, seperti campak, difteri dan beberapa penyakit lainnya. Selain kekebalan pasif bawaan, si kecil juga bisa memperoleh kekebalan yang didapat melalui pemberian serum ke dalam tubuhnya, yang biasanya terjadi dalam waktu relatif singkat, yaitu sekitar 2 sampai 3 minggu. Serum ini biasanya diberikan untuk mencegah penyakit campak, tetanus dan lain-lain.

Lalu, bagaimana halnya dengan kekebalan aktif?


Kekebalan aktif juga bisa terjadi secara alami atau buatan. Keuntungannya, kekebalan aktif ini dapat berlangsung lama, meskipun baru dapat terbentuk 3 sampai 4 bulan setelah pemberian zat, karena tubuh membutuhkan waktu untuk membentuk zat anti dalam kadar tertentu untuk dapat menolak penyakit.

Imunisasi apa yang diperlukan si kecil usia 0 - 4 bulan?

Pada usia ini, ada beberapa imunisasi yang perlu diberikan secara bertahap, yaitu BCG, DPT, Polio dan Hepatitis B.

Kalau azka bentar lagi mau imunisasi campak. Karena imunisasi campak diberikan pada saat balita berusia 9 bulan.


Sumber: bayisehat.com

Friday, April 3, 2009

10 Penyakit Pertama Pada Bayi

Ditulis oleh admin di Friday, April 03, 2009 0 komentar
MENJADI orang tua baru tentu membahagiakan. Namun, kebahagiaan terkadang berubah menjadi kepanikan tatkala si kecil mendadak sakit. Nah, ada baiknya Anda mengenali 10 penyakit pertama bayi, seperti dipaparkan Dr. Kusnandi Rusmil, Sp.A dari RS Hasan Sadikin, Bandung berikut ini.

1. BATUK-PILEK - Batuk-pilek pada bayi bisa karena banyak faktor. "Sebagian besar penyebabnya virus, yang jenisnya ada ratusan banyaknya. Biasanya sembuh sendiri, kok. Gejalanya, hidung berair, kadang tersumbat, lalu diikuti batuk dan demam." Selain virus, batuk-pilek juga bisa karena bakteri. Biasanya disertai panas dan gejalanya lebih berat, yaitu tenggorokan berwarna merah. Harus diberi antibiotik. Jika terus berlanjut, bisa berakibat komplikasi radang telinga tengah. "Namun, sakit telinga tak selalu terjadi pada batuk pilek.

"Jika cairan atau lendir banyak keluar dari hidung bayi dan membuat napas tersumbat, beri obat tetes hidung atau sedot cairan hidung dengan alat khusus. "Yang penting, penyebabnya dulu yang diobati. Karena virus belum ada obatnya, maka pertahanan tubuh si bayi-lah yang harus ditingkatkan." Biasanya, batuk-pilek pada bayi terjadi sekitar lima hari. Jika panas tubuh bayi tak turun-turun hingga 2 - 3 hari, segera bawa ke dokter. "Orang tua tak perlu cemas jika bayi batuk-pilek. Jika disertai panas, beri obat panas. Jangan lupa, beri nutrisi yang baik, terutama yang mengandung vitamin dan mineral, seperti buah-buahan atau jus, minum yang banyak, terutama ASI."

2. INFEKSI TELINGA - Infeksi telinga dapat disebabkan batuk-pilek oleh virus yang terus-menerus, sehingga virus masuk ke dalam saluran telinga. "Bisa juga karena telinga kemasukan air yang mengandung kuman, sehingga mengakibatkan peradangan saluran telinga tengah." Gejalanya, sakit pada telinga dan panas yang tidak turun-turun selama 2 - 3 hari. "Harus segera dibawa ke dokter. Kalau tidak segera ditangani, gendang telinga bayi bisa meradang dan pecah."

Jika tak diobati, lama-lama radang telinga akan makin parah dan dapat menimbulkan nanah. "Jika nanah pecah, cairan itu akan keluar dari telinga dengan bau yang tidak enak. Efek jangka panjangnya, sistem pendengaran rusak."

3. DIARE - Seperti halnya batuk-pilek, diare pada bayi juga bisa karena bermacam faktor, dari makanan yang tercemar kuman atau virus, keracunan makanan, sampai alergi susu. Diare pada bayi umumnya dapat dilihat dari jumlah cairan yang keluar melalui buang air besar (BAB) yang lebih banyak dari cairan yang masuk. Frekuensi BAB-nya lebih dari tiga kali sehari. Jadi, harus diberi banyak cairan supaya tidak terjadi dehidrasi.

Pencegahannya, beri bayi minum, misalnya oralit, minuman yang mengandung ion, atau minuman yang mengandung probiotik, seperti yoghurt untuk membantu keseimbangan kuman dalam perut. "Bayi enam bulan sudah boleh, kok, diberi minuman mengandung ion atau probiotik." Kusnandi juga menegaskan, obat diare yang paling ampuh bagi bayi sebenarnya ASI, karena mengandung obat anti-virus atau kuman yang dapat mencegah dan mengurangi lamanya penyakit bersarang di dalam tubuh bayi.

Diare yang disertai demam, lanjut Kusnandi, paling sering disebabkan oleh virus. "Semua penyakit karena virus, tidak ada obatnya. Yang penting, meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi kehilangan cairan tubuh dengan banyak-banyak minum, terutama ASI."

Sementara diare disertai muntah, biasanya disebabkan karena rangsangan ke dalam saluran pencernaan. "Rangsangan itu bisa macam-macam, bisa oleh kuman atau racun zat kimia. Sekali lagi, yang penting adalah memberi minum yang banyak. Bisa juga diberi obat anti muntah oleh dokter," kata Kusnandi seraya mengingatkan agar orang tua tidak memberi bayi obat pemampat feses atau tinja. "Jika tinja mampat, kuman enggak mati, malah berkumpul di dalam usus. Lebih baik kuman dikeluarkan dulu melalui BAB. Setelah kuman habis, otomatis diare akan berhenti dengan sendirinya," kata Kusnandi mengingatkan.

4. BATUK PLUS SESAK NAPAS - Pada bayi yang memiliki potensi alergi atau asma, batuk pilek lama-lama bisa menimbulkan sesak napas. "Batuk-pilek ini terjadi akibat kuman yang lama-lama menyebar ke paru-paru. Bisa mengakibatkan gejala radang paru-paru, yaitu sesak napas," ujar Kusnandi.

Jika sudah menyerang paru-paru, berarti sudah masuk ke tahap serius dan harus betul-betul diobati. "Tanda-tanda sesak napas ini dapat dilihat secara fisik, antara lain bayi bernapas lewat hidung, sehingga cuping hidung kembang-kempis, napasnya cepat, setiap bernapas seperti ada yang menariknya hingga dadanya cekung." Penanganan gejala-gejala serius ini harus lebih teliti. Bila perlu dirawat di RS untuk diberi oksigen. "Jika sudah sampai ke tahap serius, tak bisa lagi hanya diberi perawatan di rumah. Bisa bahaya dan harus segera ditolong dokter," tegas Kusnandi.

5. SAKIT TENGGOROKAN - Sakit tenggorokan pada bayi bisa karena kuman atau virus yang menyerang tenggorokan. "Tanda-tanda fisiknya, tenggorokan berwarna merah, yang dapat terlihat di bagian leher. Bayi juga terlihat seperti kesakitan, rewel, dan biasanya sulit menelan."

Jika disebabkan virus, biasanya dokter akan memberi obat pengurang rasa sakit, vitamin, dan dianjurkan diberi makan yang banyak, terutama jus buah, sayur bening, dan ASI, agar tubuhnya kembali kuat. Namun jika penyebabnya kuman, dokter akan memberi antibiotik. "Bisa berupa sirup atau puyer. Puyer lebih ekonomis dan dosisnya bisa lebih tepat, karena dihitung per kilogram berat badan bayi. Efektivitasnya, sih, sebenarnya sama saja dengan sirup."


Sumber : Tabloid Nova
 

Celoteh Bunda " semua ttg azka my little princess "