Saturday, February 14, 2009

Probiotik untuk Mendongkrak Kekebalan Tubuh Bayi Lahir Caesar

Ditulis oleh admin di Saturday, February 14, 2009
Beberapa hari yang lalu saya dapat email dari ibu dan anak dot com, tentang informasi yang menurut saya penting sekali. Sayang sekali.. saya tidak bs ikut berpartisipasi dalam hal pemberian komentarnya. Hal itu dikarenakan saya telat membuka emailnya.
Tapi tak apalah... yang pasti saya jd tahu kenapa kondisi badan azka itu ringkih atau gampang sakit. Azka itu gampang baget muntah-muntah seperti sakit yang kemaren. Usut punya usut, ternyata salah satunya ya karena azka itu lahir karena proses operasi caesar.
Penelitian telah membuktikan bayi yang lahir melalui bedah Caesar memiliki indikasi kekebalan tubuh yang lebih rendah daripada bayi yang lahir secara normal. Hal itu karena pada persalinan normal, bayi akan mengalami kontak dengan bakteri dari flora ibu, yakni dari feses atau jalan lahir (vagina) ibu. Bakteri tersebut bersifat ‘baik’ dan dapat membantu mempercepat tumbuhnya mikroflora usus pada bayi. Mikroflora ini merupakan salah satu komponen yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara itu bayi yang lahir melalui bedah Caesar tidak memiliki kesempatan kontak dengan bakteri baik tadi. Yang ada malah tingginya pertumbuhan bakteri merugikan seperti E. Coli dan Clostridium. Kondisi ini mengakibatkan daya tahan tubuh bayi yang lahir secara bedah Caesar tidak sebaik bayi yang dilahirkan secara normal sehingga mereka lebih berisiko terhadap infeksi saluran pencernaan dan penyakit alergi.
Tapi alhamdulillahnya azka tuh full ASI smpe 6 bln dan walau sudah diberi MPASI azka pun masih tetap mik ASI, sehingga kondisi badannya cukup sehat.
Telah diketahui bahwa ASI adalah yang terbaik bagi bayi. Sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara eksklusif selama 6 bulan pertama. ASI terbukti memiliki bakteri menguntungkan dan zat-zat yang dibutuhkan bayi untuk membentuk mikroflora usus yang penting untuk sistem daya tahan tubuh bayi.
Baca juga ya tentang ASI disini

15 komentar:

umi rina said...

Hmmm, infonya penting nich...
Baru tahu kalo proses cesar juga pengaruh ya terhadap kekebalan tubuh baby... :)

Jazakillahu khoiro Bunda... :)

Lala said...

Oooo gitu ya Bunda?? Baru tahu.
Syukur alhamdulillah Azka dapat ASI eksklusif jadi bisa menambah kekebalan tubuhnya juga:)

BrenciA KerenS said...

Alhamdulillah Dio lahir normal meskipun beratnya 4 kg..

dan sampe sekarang juga jarang sakit.

makasih inponya ya bun..

Brigadista said...

Moga aja dapet istri yang ngerti hal kaya gini nanti,..

ke2nai said...

anak2 sy lahir caesar dua2nya. Alhamdulillah sp skrg t'masuk yg jarang bgt sakit. mungkin salah satunya krn ASIX y..
Setelah bc postingan ini, mungkin selain ASIX kekebalan tubuh mereka juga dibantu 'ma probiotik. Anak2 sy rutin konsumsi yoghurt. Mereka gak minum susu formula.. :)

genial said...

duuduuuhhh... di kasih obat lagi atu bun klu muntah2 gtu :p
(hayaaahhhh,, gaya amad gw yak?!?!?!?) mabooorrr...

attayaya said...

wadowwww ternyata caesar ga bagus ya

Nia said...

alhamdulillah ina lahirnya normal...untung juga jarang sakit meski ASInya cuma smpe 5 bulan....

Atca said...

wahh info bagus nih bunda buat para ibu2..
Alhamdulillah anak-anakku lahir normal semua....
maaf baru mampir bunda..sibuk banget didarat hehehe

Lyla said...

iya saya juga sering baca soal prebiotik memang bagus bun...

My Journey said...

semoga bisa punya anak yang sehat dan lahir normal ibunya juga sehat...doakan ya bund...

Peace Maker said...

Great info here&i put U in my friends link too...thanks...god bless

taxmania said...

biar bagaimanapun susu buatan Tuhan pasti jauh lebih bagus dari susu pabrik hehehe

hanstoe said...

foto bayinya lucu...
:)

phiena-venus said...

baru tau kalo caesar ngaruh ke kekebalan bayi. Pdhl banyak ibu yg males ngrasain susahnya nglahirin normal n lebih milih tgl lahir yg ok dg caesar yah.

 

Celoteh Bunda " semua ttg azka my little princess "